Website | bank CiJ

Penyaluran Bantuan Sosial Nelayan Melalui bank CiJ
Penyaluran Bantuan Sosial Nelayan Melalui bank CiJ

Cipatujah, Tasikmalaya – Dalam rangka penanganan dampak inflasi, bank CiJ menyalurkan bantuan sosial kepada para nelayan yang bersumber dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Penyaluran bantuan sosial nelayan melalui bank CiJ dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada Jumat, 30 Desember 2022 dan Sabtu, 31 Desember 2022 dengan jumlah penerima sebanyak 1.460 orang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial nelayan pada Sub Kegiatan Pengembangan Kapasitas Nelayan Kecil dalam penanganan dampak inflasi kepada para nelayan yang berhak atas dana tersebut agar tepat jumlah, tepat waktu, dan tepat sasaran.

Apa itu Bansos?

Dilansir dari Detik.com, bantuan sosial atau selanjutnya disingkat bansos merupakan bantuan berupa uang, barang, atau jasa kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap risiko sosial.

Bantuan ini diberikan untuk memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar serta meningkatkan taraf hidup penerima bansos.

Tujuan Pemberian Bansos

Selaras dengan namanya, pemberian bansos bertujuan untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan risiko sosial. Berikut enam tujuan bansos:

1. Rehabilitasi Sosial

Pertama, bansos bertujuan untuk membantu orang yang mengalami disfungsi sosial agar dapat melaksanakan kegiatan sosial secara normal.

2. Perlindungan Sosial

Selanjutnya adalah mencegah dan menangani risiko sosial dan guncangan bagi individu, keluarga, dan masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar minimal.

3. Pemberdayaan Sosial

Ketiga, bansos bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang atau kelompok masyarakat yang mengalami masalah sosial dengan cara memberdayakan mereka agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.

4. Jaminan Sosial

Keempat, bansos merupakan skema yang diterapkan untuk memberikan jaminan sosial kepada penerima bantuan.

5. Penanggulangan Kemiskinan

Kemudian yang terakhir, bansos ditujukan untuk menanggulangi kemiskinan bagi masyarakat yang tidak memiliki atau kurang sumber mata pencaharian dan tidak dapat memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang layak.

Dokumentasi Bantuan Sosial

Dokumentasi kegiatan penyaluran bantuan sosial nelayan:

Penutup

Demikian kegiatan penyaluran bantuan sosial nelayan. bank CiJ selalu hadir untuk masyarakat sesuai dengan visi bank CiJ yaitu menjadi BPR Juara, Terpercaya, dan Menjadi Pilihan Masyarakat.

×